5 Kiat Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha

5 Kiat Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha

SHARE:

Peluang Modal Usaha yang Menjanjikan dengan Modal Kecil
Antara Pinjaman dan Hutang Itu Berbeda Lho
Kelebihan dari Usaha Kecil Menengah

Saat Anda memutuskan ingin membangun usaha, selain jenis usaha yang akan dilakukan, pasti kebutuhan yang terpikir dan tak kalah penting adalah modal. Di masa-masa awal membuka usaha, modal yang dibutuhkan tidaklah sedikit karena Anda membangun usaha dari nol. Perihal modal sebenarnya tidak akan menjadi masalah ketika dana yang ada di tabungan jumlahnya mencukupi untuk dijadikan sebagai modal usaha. Tapi tak semua orang punya dana tabungan yang mencukupi.

Nah, langkah apa yang akan Anda lakukan? Jika meminjam uang untuk modal usaha kepada teman atau keluarga pastinya jumlah yang bisa dipinjamkan tidak bisa terlalu banyak. Pinjam ke bank, umumnya mensyaratkan jaminan atau agunan yang tidak sedikit.

Bagaimana bila mengajukan pinjaman tanpa jaminan untuk modal usaha? Langkah ini bisa menjadi solusi karena prosesnya relatif lebih mudah. Anda tidak perlu menyediakan agunan lebih dulu. Selain itu, pinjaman modal tanpa jaminan juga persyaratannya tidak serumit kredit usaha pada umumnya. Mau ambil pinjaman tanpa agunan untuk usaha?

5 Kiat yang Harus Anda Ketahui untuk Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha.

  1. Pilih pinjaman bunga murah

Kredit usaha pada umumnya mewajibkan calon nasabah untuk menyertakan izin usaha juga laporan keuangan usaha. Bagi usaha pemula atau startup, hal ini tentu saja sangat menyulitkan. Maka itu, akhirnya, banyak pengusaha pemula yang memilih pinjaman usaha modal usaha tanpa jaminan. Namun, ada konsekuensi saat Anda memilih pinjaman modal usaha tanpa jaminan.

Ketiadaan syarat agunan membuat jenis pinjaman ini mematok bunga yang lebih mahal. Sejauh ini tidak ada pinjaman tanpa agunan yang berbunga single digit. Kebanyakan di atas 10 persen per tahun. Ini bisa Anda atasi dengan mencoba mencari pinjaman modal usaha tanpa jaminan yang memberikan bunga rendah, kurang dari 1 persen per bulan.

  1. Mengetahui skala usaha

 Pertama-tama adalah mengetahui terlebih dahulu skala usaha yang akan Anda jalani. Apakah usahamu berskala kecil atau besar? Skala usaha ini bisa diketahui dari segmentasi pasar yang akan Anda tuju.

Misalnya untuk kalangan menengah ke bawah, maka modal dana yang Anda butuhkan hanya berkisar di angka puluhan juta. Lain halnya jika usahamu ini membidik pasar kalangan menengah ke atas, maka sudah pasti barang atau jasa usahamu memiliki kisaran harga jual yang cukup tinggi sehingga modal yang Anda butuhkan juga lebih banyak.

  1. Pilih tempat yang memberikan penawaran terbaik

Langkah berikutnya memilih dan menentukan tempat pinjaman modal usaha tanpa jaminan. Seperti yang sudah dikatakan di atas, sebagian besar orang memang akan memilih bank sebagai tempat pinjaman modal usaha tanpa jaminan.

Bank memiliki beragam produk dan diawasi oleh regulator sehingga produk pinjaman tersebut dinilai sudah memenuhi persyaratan.

Berbeda halnya dengan pinjaman dari aplikasi pinjaman yang memberikan bunga tinggi yang dihitung harian. Namun meski bank terbilang aman, tapi Anda juga harus mengecek terlebih dulu reputasi bank yang akan dituju.

  1. Tentukan produk pinjaman

 Kalau sudah tahu ingin mengambil pinjaman modal usaha tanpa jaminan di mana, Anda tinggal menentukan mana produk pinjaman yang cocok untuk usahamu.

Perhatikan apa saja fitur dan keuntungan yang diberikan dan pastikan untuk membaca dengan baik syarat dan ketentuan yang berlaku, mulai dari plafon pinjaman, suku bunga, jumlah cicilan per bulan yang harus dibayar, serta jangka waktu cicilan yang diberikan.

  1. Perhitungkan dengan matang pinjaman yang dibutuhkan

Penting bagimu untuk selalu memperhitungkan dengan matang jumlah pinjaman yang dibutuhkan karena nantinya akan berpengaruh pada kelangsungan usahamu nanti. Jangan sampai di tengah jalan, Anda kehabisan modal dan usaha tidak bisa berjalan dengan baik.

Jadi selalu lakukan simulasi terlebih dahulu sebelum mengambil pinjaman modal usaha tanpa jaminan. Hitunglah mulai dari apa saja yang harus dibeli untuk modal usaha, biaya operasional, gaji karyawan, dan lain sebagainya.

Begitulah kiat mendapatkan pinjaman modal usaha yang bisa mendukung usaha Anda.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/08/13/073600426/5-kiat-mendapatkan-pinjaman-modal-usaha

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0