Antara Pinjaman dan Hutang Itu Berbeda Lho

Antara Pinjaman dan Hutang Itu Berbeda Lho

SHARE:

Kesalahan Mengatur Keuangan yang Sering Dilakukan Milenial
Tips Mengelola Uang Pinjaman Bank
Hal yang Dihindari dalam Mengelola Keuangan Usaha Kecilmu

Semakin hari kebutuhan seseorang semakin meningkat. Semua itu membuat pendapatan yang diperoleh setiap bulannya terkadang tidak mencukupi. Lalu apa yang harus kita lakukan? Untuk mengatasi itu semua kita bisa melakukan pinjaman atau hutang. Cara tersebut menjadi salah satu langkah termudah, tetapi memiliki resiko tentunya. Salah satu resikonya adalah ketika kita sulit mengelola keuangan tiap bulannya. Dengan demikian kita harus mengelola keuangan dengan baik sehingga kita dapat melunasi hutang atau pinjaman agar keuangan kita akan tetap sehat.

Perbedaan Pinjaman dan Hutang

Taukah kamu, pinjaman dan hutang itu berbeda.

Yang Pertama, Yukk Kenali Apa Itu Pinjaman ?

Pinjaman merupakan memberikan suatu barang untuk digunakan manfaat dari barang tersebut. Ada beberapa catatan yang harus diperhatikan dalam melakukan pinjaman ini, yakni:

– Barang yang dipinjam tidak boleh mengalami kerusakan atau berkurang kualitasnya.

– Barang yang dipinjam harus dikembalikan sesuai dengan akad yang sudah disepakati oleh kedua belah pihak. Misalnya dalam tempo waktu tertentu.

– Jika barang yang dipinjam dalam bentuk selain uang mengalami kerusakan atau kehilangan maka orang yang meminjam wajib menggantinya sesuai dengan kondisi barang yang dipinjam.

Jadi dengan kata lain, pinjaman ini merupakan bentuk keringanan untuk kita yang memerlukan sesuatu. Hanya saja kita pun harus sadar diri untuk bisa mengembalikannya sesuai dengan akad yang disepakati, jangan sampai lalai. Jikalau memerlukan perpanjangan waktu peminjaman maka harus diberitahukan terlebih dahulu.

Yang Kedua, Kenali Apa Itu Hutang ?

Secara umum, hutang memiliki kesamaan dengan meminjam. Skemanya ialah memberikan sesuatu kepada siapa saja yang meminjam, berikut dengan waktu perjanjiannya untuk dlunasi. Begitu juga jika kelak ada waktu perpanjangan maka itupun harus diketahui oleh orang yang meminjamkannya.

Hanya saja berhutang identik dengan jumlah. Sebagai contohnya kita berhutang dengan jumlah 1 juta. Maka uang senilai 1 juta pun harus dikembalikan dalam waktu yang telah disepakati.

Lalu ada yang bertanya, apakah boleh untuk memberikan dalam jumlah yang lebih? Untuk jawabannya maka itu sangat boleh dan kita sebagai orang yang meminjamkan boleh menerima kelebihan tersebut.

Kelebihan yang diterima itu bisa jadi sebagai bentuk terima kasih atas kebaikan yang dilakukan oleh yang meminjamkan. Dengan demikian, kita pun sebagai si peminjam akan mendapatkan kepercayaan jika kelak ingin berhutang kembali. Dengan penjelasan mengenai pinjaman dan hutang itu, sudah bisa dibedakan, bukan?

Nahh ini ulasan mengenai perbedaan antara pinjaman dan hutang. Semoga bermanfaat.

Sumber : https://www.zonkeu.com/perbedaan-pinjaman-dan-hutang/

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0