BI Pastikan Intervensi Pergerakan Rupiah

BI Pastikan Intervensi Pergerakan Rupiah

SHARE:

5 Kesalahan Sederhana Mengelola Modal Usaha
Mau Buka Usaha Tapi Modal Terbatas? Ini Solusinya
Modal Minim Tak Lagi Menjadi Penghambat Bisnis UKM di Indonesia

 Bank Indonesia (BI) memastikan akan terus melakukan intervensi guna menstabilkan pergerakan nilai tukar rupiah yang hampir menyentuh Rp14.500 per dolar Amerika Serikat (AS).

Gubernur BI Perry Warjiyo mengungkapkan salah satu bentuk intervensi yang akan dilakukan BI dengan pembelian surat berharga negara (SBN) di pasar sekunder yang dilepas oleh investor asing.

“BI terus ada di pasar melakukan langkah-langkah stabilitas di pasar valuta asing (valas) untuk melakukan stabilisasi nilai tukar rupiah, baik melalui intervensi di pasar valas maupun pembelian SBN di pasar sekunder,” kata Perry, Selasa (3/7).

Selain membeli SBN yang dijual oleh investor asing, Perry mengklaim BI juga intervensi dalam proses lelang SBN di pasar sekunder. Hal itu dilakukan agar imbal hasil (yield) SBN tetap menarik bagi investor, khususnya investor asing.

“Oleh karena itu dengan lelang, investor asing kemudian juga mulai masuk. Sementara asing belum masuk cukup besar maka perlu intervensi valas oleh BI,” terang Perry.

Dalam hal ini, Perry mengaku terus melakukan koordinasi dengan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Koordinasi antar lembaga ini juga dilakukan demi menjaga stabilitas keuangan dalam jangka pendek dan tetap mendorong pertumbuhan.

“Bagaimana perlunya terus memperkuat koordinasi antara pemerintah dengan BI, lalu OJK, ini berbagai koordinasi yang terus kami lakukan,” ujar Perry.

BI memutuskan untuk menaikkan suku bunga acuan sebesar 50 basis poin menjadi 5,25 persen pada akhir Juni 2018 untuk menstabilkan rupiah yang terus berada di area Rp14 ribu per dolar AS.

Sayangnya, rupiah kini belum juga menguat dan kembali ke level sekitar Rp13.900 per dolar AS, tetapi justru semakin terpuruk.

Sumber : https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20180703151944-78-311124/bi-pastikan-terus-intervensi-pergerakan-rupiah

Sumber foto : http://romeltea.com/cara-konversi-dolar-ke-rupiah-dengan-cepat-dan-mudah/

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0