Cara Menekan Modal Usaha Sekecil Mungkin

Cara Menekan Modal Usaha Sekecil Mungkin

SHARE:

Mau Buka Usaha Tapi Modal Terbatas? Ini Solusinya
BI Pastikan Intervensi Pergerakan Rupiah
Bagaimana Cara Memaksimalkan Modal Usaha?

Kendala yang paling banyak ditemui saat memulai bisnis adalah kurangnya modal usaha. Jika kita mempunyai modal yang pas-pasan, jangan khawatir dan jangan menyerah, dengan memehami bagaimana cara menekan modal usaha sekecil mungkin dapat membantu kita dalam berbisnis.

4 Cara Menekan Modal Usaha Sekecil Mungkin

Baca Juga : Cerdas Mengalokasikan Pinjaman Modal Usaha

  1. Cari suplier tangan pertama

Jika bisnis kita membutuhkan suplier, carilah suplier dari tangan pertama, pemasok barang dengan harga murah.

Hindari membeli bahan-bahan baku atau supply barang dari pihak kedua bahkan ketiga, karena harganya akan melambung lebih mahal.

  1. Manfaatkan sumberdaya dari lingkungan sekitar kita.

Carilah tempat yang dekat atau disekitar yang dapat mensuplai barang ke kita. Jarak dekat memberikan banyak keuntungan bagi kita, karena akan lebih mudah.

Untuk sumber tenaga kita juga bisa memanfaatkan sumberdaya disekitar seperti ibu rumah tangga yang belum memiliki pekerjaan tetap.

  1. Cari tenaga kerja dengan kualitas standar

Semakin tinggi pengalaman seseorang, semakin tinggi pula upahya. Diawal mungkin kita akan kewalahan untuk membayar upah pekerja yang tinggi.

Baca Juga : Menerapkan Manajemen Keuangan Sederhana untuk Bisnis dan Usaha Kecil

Solusinya, pekerjakan seseorang yang kualifikasinya masih standar. Namun, kita juga perlu tenaga ekstra untuk mendampinginya hingga nanti benar-benar bisa menguasai semua pekerjaan.

  1. Manfaatkan marketing online

Marketing online tidak semuanya berbayar, kita bisa mempromosikan produk kita melalui sosial media seperti facebook, instagram, twitter yang cukup efektif.

Jika kita memasang iklan melalui koran harian, radio bahkan tv akan menggunakan cukup besar untuk biayanya dan cukup menguras kantong kita.

Semoga bermanfaat dan semalam memulai bisnis.

Sumber : http://gurusyam.com

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0