Cara Mengatur Alokasi Modal Usaha

Cara Mengatur Alokasi Modal Usaha

SHARE:

Strategi Pemasaran untuk Usaha Kecil Menengah (UKM)
5 Kesalahan Sederhana Mengelola Modal Usaha
Sukses UKM dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Global

Ingin punya usaha sendiri ? Salah satu pendukung usaha untuk berkembang dan berumur panjang adalah kemampuan pebisnis dalam mengatur modal usahanya. Dalam mengatur modal usaha tidak hanya cukup satu tujuan, tetapi harus memiliki tujuan-tujuan selanjutnya.

Beberapa cara sederhana yang dapat mengalokasikan modal usaha untuk meningkatkan keuntungan usaha :

1. Buatlah rekening terpisah untuk mengatur modal usaha

Mungkin saat ini usaha Anda masih termasuk kecil. Akan tetapi buatlah rekening yang berbeda antara rekening hasil usaha dengan rekening pribadi Anda. Untuk lebih lancar mengatur modal usaha, buatlah rekening bank terpisah, khusus untuk bisnis Anda. Dengan demikian, pengeluaran yang tercatat dapat lebih akurat.

2. Buatlah pos-pos pengeluaran untuk usaha

Setelah memisahkan rekening hasil usaha dengan rekening pribadi, langkah selanjutnya yaitu membuat pos pengluaran untuk usaha Anda. Hitunglah berapa persen pengluaran Anda? dan berapa target laba yang akan diperoleh? dan jangan lupa untuk kas cadangan. Kas cadangan guna untuk berjaga-jaga bila ada kebutuhan darurat dalam keperluan Anda.

3. Buatlah catatan pembukuan yang rapi dan detail

Catatan pembukuan yang rapi dan detail adalah hal yang sangat penting dalam mengatur modal usaha. Mulai dari pengluaran paling kecilpun harus dicatat. Dari situlah Anda bisa mengetahui pengeluaran terbesar, maka Anda bisa mengunakan catatan sebagai pemicu pengeluaran untuk lebih hemat lagi.

4. Kurangi berutang, apalagi dalam jumlah yang besar

Salah satu penyebab bisnis tidak berumur panjang adalah jeratan utang. Bila Anda baru saja memulai berbisnis, hindari meminjam uang bila tidak begitu diperlukan.  Jangan sampai bila penghasilan tidak memadai, Anda malah menunggak utang.

Baca Juga : 5 Kesalahan Sederhana Mengelola Modal Usaha

5. Monitor dan kontrol arus keuangan (cash-flow) bisnis Anda

Semakin lancar arus keuangan Anda (terutama dalam hal penghasilan), maka semua kewajiban perusahaan akan terpenuhi. Jika ada yang tidak lancar, berarti ada yang salah dengan cara Anda mengatur modal usaha selama ini. Jika pengusaha skala besar membuat anggaran tahunan, pebisnis pemula (apalagi untuk usaha kecil menengah) justru harus lebih sering melakukannya. Misalnya, membuat anggaran per bulan, per tiga bulan, atau per enam bulan. Dari sana saja sudah bisa terlihat, apakah arus keuangan untuk bisnis Anda lancar atau bermasalah.

6. Berkonsultasi dengan kenalan yang sudah lebih berpengalaman

Salah satu trik agar bisnis berumur panjang adalah mengajak keluarga, sahabat, atau rekan kerja yang seminat. Strategi lain? Berkonsultasilah dengan kenalan yang lebih berpengalaman, terutama konsultan keuangan. Jika takut mahal, bisa tanya keluarga atau teman yang sudah pernah terjun duluan dalam membuka bisnis sendiri.

Itulah 6 cara jitu untuk meningkatkan keuntungan dengan alokasi modal usaha. Segera terapkan untuk bisnis Anda dan semoga berhasil. Semoga artikel ini dapat memberikan Anda inspirasi untuk mengembangkan peluang usaha yang ada di sekitar Anda.

Sumber : https://sahabatpegadaian.com/investasi/6-cara-jitu-mengatur-alokasi-modal-usaha-untuk-meningkatkan-keuntungan

Sumber foto : https://blog.guiabolso.com.br/2017/05/04/como-pagar-as-dividas-do-cheque-especial/

COMMENTS

WORDPRESS: 1
  • comment-avatar

    […] Dapat Modal Usaha 500 Juta ? Ini Syaratnya Strategi Pemasaran untuk Usaha Kecil Menengah (UKM) Cara Mengatur Alokasi Modal Usaha Banyak orang yang ingin mencari cara bebas finansial di usia muda. Dengan pencapaian tersebut, […]

  • DISQUS: 0