Cara Mengembangkan UMKM

Cara Mengembangkan UMKM

SHARE:

UMKM Tidak Hanya Butuh Modal Usaha, Tetapi Juga …
Tips Peluang Usaha Modal Kecil
Tips untuk Mengembangkan Bisnis UMKM di Indonesia

UMKM- Keberadaannya selain berguna untuk membuka lapangan kerja, juga sebagai penggerak roda ekonomi Indonesia. Tak sedikit UMKM yang memperoleh penghargaan dari pemerintah, lewat produk atau jasa yang mereka pasarkan. Hal ini membuktikan bahwa peran UMKM di perkembangan ekonomi Indonesia sangatlah vital.

Selain melalui media online, terdapat berbagai cara yang dapat para pelaku usaha untuk mengembangkan UMKM mereka. Berikut beberapa di antaranya:

Baca Juga : Strategi Membangun Bisnis UKM

  1. Mengikuti even dan pameran festival

Jika Anda adalah pemilik UMKM, manfaatkanlah kesempatan seperti ini untuk mempromosikan produk kita. Buat masyarakat menjadi tahu bahwa kita menjual produk seperti yang mereka butuhkan.

Tentunya, kita perlu memilih pameran atau festival yang berhubungan dengan bisnis yang kita jalankan.

  1. Bangun relasi antara pengusaha

Cobalah untuk membangun relasi yang banyak antar sesama pengusaha. Hal ini dapat berdampak baik bagi usaha yang kita tekuni saat ini. Misalnya, melalui relasi bisnis yang baik kita bisa bekerja sama di masa mendatang.

  1. Meningkatkan Pelayanan

Untuk meningkatkan pelayanan dalam bisnis kita, selalu menerima saran dan kritikan dari para pelanggan. Selain itu, dengan mendengarkan keluh kesah pelanggan juga akan mempererat hubungan di antara kita dan pelanggan. Pelanggan yang merasa puas karena saran dan kritiknya telah didengar, tentu akan merasa senang karena dipedulikan. Tidak menutup kemungkinan, mereka akan menjadi pelanggan yang setia di bisnis kita.

Baca Juga : Menerapkan Manajemen Keuangan Sederhana untuk Bisnis dan Usaha Kecil

  1. Manfaatkan media sosial dan E-commerce

Saat ini pemerintahpun menghimbau agar para pelaku UMKM mau mengembangkan bisnis melalui media online. Salah satunya adalah melalui sosial media dan e-commerce. Dengan memanfaatkan media, kita bisa menjangkau pasar yang lebih luas, mengingat internet dapat diakses oleh siapa saja dan di mana saja. Ini juga meningkatkan pendapatan dari bisnis kita.

  1. Buka cabang ditempat yang strategis

Jika kita saat ini ingin mengembangkan usaha melalui pembukuan cabang.  Pastikan cabang yang Anda kita bangun nantinya berada di tempat yang strategis dan berpotensi baik untuk penjualan produk yang kita tawarkan.

Untuk itu, kita perlu melakukan observasi atau pengamatan pada lokasi yang ingin kita gunakan untuk buka cabang.

Sumber : www.akun.biz

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0