Cara Pintar Atur Uang dari Umur 20 Tahun Hingga Pensiun

Cara Pintar Atur Uang dari Umur 20 Tahun Hingga Pensiun

SHARE:

Kesalahan Mengatur Keuangan yang Sering Dilakukan Milenial
Kesalahan Keuangan Usaha Kecil dan UKM
Pentingnya Menyusun Perencanaan Keuangan, 5 Hal Ini yang Perlu Diperhatikan

Apa yang kamu pikirkan ketika melihat atau mendengar kata finansial? Anggaran, penghasilan, atau hutang ? Banyak sekali definisi dari finansial itu sendiri.

Salah satu poin dari finansial yang perlu diperhatikan adalah tabungan jangka pendek dan jangka panjang. Semua orang tentunya memiliki kebutuhan dan target keuangan, namun hal ini bersifat relatif. Karena kebutuhan seseorang semakin hari semakin meningkat dengan bertambahnya usia.

Cerdas mengatur keuangan hingga masa pensiun

Nahh agar mudah dipahami ada 3 cara pintar mengatur keuangan hingga masa pensiun :

Usia 20 an

Ada tiga hal yang harus kamu selesaikan diusia 20 an. Pertama, jika kamu memiliki hutang melalui kartu kredit, lakukan segera pelunasan kartu kredit tersebut. Sebaiknya pelunasan sebelum kamu memasuki usia 30 an. Karena diusia 30 an kamu akan memerlukan banyak biaya kebutuhan mu.  Bersamaan dengan pelunasan kartu kredit, kamu bisa membuat anggaran untuk dana darurat.

Usia 30 an

Di rentang usia ini, kondisi finansialmu bakal lebih kompleks. Biasanya di usia 30-an ini, orang masih sibuk melunasi utang kartu kredit, mengumpulkan dana darurat, mengumpulkan dana pensiun, dan ditambah dengan mencicil tagihan rumah. Cukup rumit yang jelas.

Nah, supaya kondisi finansialmu berjalan baik, maka kamu cukup fokus pada tiga atau empat target saja. Meskipun targetnya sedikit, yang penting terpenuhi. Jika kamu belum menyelesaikan tagihan kartu kredit, dana pensiun, dan dana darurat, maka ketiganya menjadi prioritasmu. Apablia semua sudah beres, kamu boleh melanjutkan target berikutnya.

Baca Juga : Rahasia Dibalik Cara Hidup Sukses di Usia Muda

Selagi membayar cicilan rumah, kamu bisa mulai merencanakan tabungan pendidikan anak mulai dari yang dasar sampai perguruan tinggi. Penting untuk kamu pikirkan supaya kamu enggak kaget ke depannya. Lagi pula, pendidikan merupakan kebutuhan pokok dan seringkali menghabiskan biaya yang cukup besar.

Oleh karena itu, mengumpulkan dana untuk tabungan pendidikan lebih cepat akan lebih baik. Selain itu, kamu juga bisa mulai belajar memahami dan merencanakan program asuransi. Salah satunya asuransi jiwa sebagai tabungan darurat, jika ke depannya ada kebutuhan mendesak.

Usia 40 an

Salah satu kebutuhan yang menjadi prioritasmu di usia ini adalah dana pensiun. Kamu harus memahami betul kebutuhan saat pensiun kelak. Sembari fokus dengan dana pensiun, kamu bisa menyeimbangkan hal tersebut dengan tabungan pendidikan anak.

Nah, di usia ini juga kamu masih perlu mencari penghasilan tambahan. Misalnya dengan membuka usaha makanan atau menjadi freelancer di bidang apapun.

Di saat yang sama, kamu juga perlu memperhatikan investasimu. Pelajari dengan teliti jenis investasi apa yang bisa memberikanmu banyak keuntungan. Memasuki usia ini, pada umumnya penghasilan para pekerja cukup tinggi.

Namun, bukan berarti kamu melakukan banyak pengeluaran yang enggak perlu. Seperti jalan-jalan ke luar negeri atau renovasi rumah yang menghabiskan dana ratusan juta.

Usia 50 an

Inilah rentang usia yang menjadi puncak terkumpulnya dana pensiun. Di usia ini, kamu perlu mengevaluasi seluruh tabungan dan tujuan investasimu. Ngomong-ngomong soal investasi, baiknya kamu memilih investasi yang memiliki dua unsur, yaitu pertumbuhan dan pendapatan. Pilihlah investasi dengan risiko yang rendah.

Selanjutnya, mulailah menghitung dana kehidupan pensiun dengan pasangan. Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan, yakni warisan dan pemutakhiran asuransi pensiun dan kejiwaan. Periksa kembali seluruhnya dan pastikan semuanya bisa menjamin. Oh iya, perlu kamu ingat juga bahwa di usia ini kamu harus memiliki potensi hidup 20 sampai 30 tahun ke depan.

Bab finansial memang cukup kompleks. Namun, jangan pusing duluan. Kamu bisa pelan-pelan menyelesaikannya. Semangat memulai!

Sumber : https://www.liputan6.com/bisnis/read/3612040/3-cara-pintar-atur-uang-dari-usia-20-hingga-pensiun

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0