Hal yang Dihindari dalam Mengelola Keuangan Usaha Kecilmu

Hal yang Dihindari dalam Mengelola Keuangan Usaha Kecilmu

SHARE:

7 Persiapan Sebelum Terjun Kedunia Bisnis
Raih Untung Besar dari Bisnis UKM, Coba 3 Cara Ini
Bisa Raih Kesempatan dari Jualan Online Bagi Pebisnis Muda dan UKM

Keinginan setiap pengusaha yaitu memiliki keamanan finansial, Sebagai pengusaha yang baik, Anda harus mengerti mengenai pentingnya keamanan finansial itu sendiri. Untuk mengelola keuangan usaha anda tentunya ada banyak hal yang harus anda perhatikan, mulai dari ketelitian dan lainnya. Tapi ada juga beberapa hal yang harus anda hindari agar tidak terjebak dalam keadaan yang menyebabkan pengelolaan keuangan anda berantakan.

Apa sajakah hal itu, perhatikan penjelasannya di bawah ini:

1. Tidak mempunyai komitmen yang kuat

Sebagaimana besar tujuan dan keinginan yang anda buat jika tidak ada niat tentunya akan sia-sia. Sama halnya dengan sistem pengelolaan keuangan, jika anda tidak sungguh-sungguh berkeinginan untuk membuat sistem yang baik maka tidak akan berjalan sesuai dengan rencana. Sebelum anda memulai sistem pengelolaan keuangan dalam usaha kecil anda, sebaiknya anda niatkan untuk menciptakan sistem keuangan yang baik untuk usaha anda.

2. Ceroboh dalam menyusun anggaran secara detail

Banyak orang suka meremehkan hal-hal kecil. Padahal hal-hal besar dimulai dari hal yang kecil. Misalnya anda lupa dan malas untuk mencatat transaksi kecil yang ada di dalam usaha anda, tentunya hal ini akan memberikan dampak besar saat dilakukannya penjumlahan dalam laporan keuangan akhir. Oleh karena itu, teliti dan selalu cek laporan keuangan anda untuk menciptakan sistem pengelolaan keuangan yang baik untuk usaha kecil anda.

3. Hanya melihat jangka pendek

Proyeksikan pengelolaan keuangan anda secara jelas dan lengkap. Tentunya tujuan dari pembuatan sistem pengelolaan keuangan adalah untuk jangka waktu yang lama. Oleh karena itu, anda tidak bisa hanya melihat sistem pengelolaan keuangan ini untuk beberapa periode keuangan saja. Sebaiknya anda menargetkan pengelolaan keuangan per lima tahunan. Sehingga anda bisa membuat skala keberhasilan dengan lebih baik lagi. Mengapa jangka panjang? Karena hasil dari pengelolaan keuangan akan jauh lebih baik lagi saat dilihat dari jangka waktu yang panjang.

4. Tidak memperhatikan hasil laporan keuangan

Banyak yang membuat laporan keuangan hanya untuk formalitas saja. Mereka tidak benar-benar mengerti dan menggunakannya sebagai bahan pertimbangan pengambilan keputusan. Laporan keuangan dibuat untuk diperhatikan dan diaplikasikan dalam proses usaha yang sedang dijalankan. Ketika anda sudah membaca hasil laporan keuangan tentunya akan ada perencanaan strategi untuk mengembangkan hasil dari laporan keuangan tersebut. Oleh karena itu perhatikan hasil laporan keuangan anda untuk mendapatkan hasil usaha yang baik.

Sumber : https://gandengtangan.org/blog/mengelola-keuangan-3/

Sumber foto : https://www.csulfinance.com/id/education/read/financial-management-s-secret

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0