Keuntungan Investasi Reksa Dana dibandingkan Investasi Emas

Keuntungan Investasi Reksa Dana dibandingkan Investasi Emas

SHARE:

Raih Keuntungan Dengan Berinvestasi
Tips Investasi dari OJK untuk Investor Pemula
Mau Untung dalam Berinvestasi? Hindari Pantangan Ini

Investasi yang paling populer dikalangan masyarakat adalah investasi emas, yang mudah didapatkan dan mudah dijual dengan nilai investasi yang cukup menguntungkan.

Tapi harus Anda ketahui, kalau investasi reksa dana itu juga memberikan keuntungan dan keamanan bahkan kelebihan yang lainnya yang bisa kamu dapatkan dari investasi jangka panjang ini.

Keuntungan Investasi Reksa Dana dari pada Investasi Emas

Return lebih besar dari emas

Return tinggi bisa kamu dapatkan didalam reksa dana, karena return yang diberikan investasi ini jauh lebih tinggi dari pada emas batangan. Pada 5 tahun terakhir ini return yang didapatkan obligasi dari reksa dana semakin mengalami peningkatan dibanding dengan emas, sehingga ini menjadi keunggulan reksa dana.

Jumlah minimal investasi lebih kecil

Jika anda melakukan investasi emas, anda harus membeli emas batang seharga Rp. 550.000/gram. Sehingga Anda perlu dana sebesar Rp.500.000 atau bahkan lebih. Jika Anda melakukan reksa dana, And bisa memulai berinvestasi sebesar Rp.100.000 di mana kamu juga bisa melakukan transaksi ini dengan mudah secara online.

Bebas resiko hilang

 Investasi dalam bentuk fisik akan rawan dan memiliki resiko hilang lebih tinggi. Karena itu Anda harus mengantisipasi dan menjaga keamanannya. Sedangkan dengan reksa dana enggak memiliki wujud fisik, sehingga kamu tidak perlu khawatir akan kehilangan investasi ini. Semua yang berhubungan dengan aset reksadana, baik itu bunga atau deviden, akan dikelola dan disimpan oleh bank kustodian. Anda juga tidak perlu bingung oleh masalah keamanan dan juga hal lainnya, terkait dengan investasi anda dalam bentuk reksa dana tersebut sehingga hal ini menjadi keunggulan reksa dana.

Resiko Pemalsuan Lebih Kecil

Emas juga lebih beresiko karena selalu memiliki risiko pemalsuan, baik itu yang dibeli dalam bentuk perhiasan ataupun dalam bentuk batangan. Tapi,  risiko ini hampir tidak ditemukan di dalam reksa dana, karena investasi ini tidak memiliki bentuk fisik dan tidak mengalami perpindahan tangan sama sekali. Nah, keunggulan reksa dana dalam hal ini yaitu proses jual beli reksa dana dilakukan secara scriptless (tanpa sertifikat), sehingga risiko pemalsuannya  lebih kecil atau bahkan tidak ada.

Mudah Mengelola Investasi

Bebas rumit dan sulit, semua kegiatan di dalam investasi reksa dana akan dikelola langsung oleh manajer investasi yang profesional dan ahli di bidangnya. jadi Anda tidak perlu bersusah payah untuk membaca pasar atau bahkan menganalisa berbagai perubahan yang terjadi di dalamnya. Tapi, jika Anda berinvestasi dalam bentuk emas, maka setidaknya Anda harus memiliki keahlian dalam melakukan analisa pasar yang ada, sebab semua keputusan investasi akan diambil langsung oleh anda sendiri.

Nahh Sekarang pilih mana? Investasi Reksa Dana atau Investasi Emas?

Sumber : https://www.tokopedia.com/blog/keuntungan-reksa-dana-dibanding-emas/

Sumber foto : https://www.cermati.com/artikel/cara-investasi-reksadana-yang-menguntungkan-dan-mudah

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0