Langkah Sukses Mendapatkan Pinjaman Modal

Langkah Sukses Mendapatkan Pinjaman Modal

SHARE:

Tips Aman Mengandalkan Kartu Kredit untuk Modal Usaha
Tips untuk Mengembangkan Bisnis UMKM di Indonesia
Rambu-Rambu dalam Memulai Bisnis

Setiap pebisnis semua menginginkan usaha dan bisninya terus maju dan berkembang. Untuk menjadikan itu semua bukanlah hal yang mudah, selain membutuhkan pemasaran yang baik, kita juga butuh adanya modal. Saat kekurangan modal kita juga perlu melakukan pinjaman.

Berikut tips sukses dalam mendapatkan pinjaman modal:

1. Memiliki Perencanaan Bisnis yang Matang

Untuk meyakinkan peminjam modal, kita haruslah memiliki perencanaan bisnis yang matang. kita harus membuat para peminjam modal yakin bahwa kita memiliki bisnis yang dapat bertahan.

Baca Juga : Cara Menekan Modal Usaha Sekecil Mungkin

Kita juga bisa menunjukkan seberapa besar peluang di pasar yang kita targetkan, perbandingan bisnis kita dengan kompetitor, jika ada. Lengkapi juga dengan deskripsi seberapa besar pengeluaran, serta perkiraan keuntungan dan kerugian yang kita dapatkan.

2. Perhatikan Sektor Kredit yang Kita Punya Saat Itu

Para peminjam modal memiliki beberapa kriteria yang dapat menentukan apakah bisnis yang kita miliki dapat diloloskan untuk diberikan pinjaman atau tidak. Namun yang pasti, setiap peminjam memiliki satu kesamaan. Mereka ingin mengetahui seberapa besar risiko bisnis kita. Untuk itulah, mereka akan mengecek data kredit baik personal maupun dari bisnis kita. Sebaiknya jika kita masih memiliki hutang-hutang yang harus diselesaikan, segera selesaikan terlebih dahulu sebelum mengajukan pinjaman.

3. Meminta Saran dari Orang yang Telah Sukses Melakukan Pinjamam Modal

Untuk meminta saran pada pebisnis lain yang telah lebih dulu berhasil meminjam modal. Mereka adalah orang-orang yang telah lebih dulu berada di posisi kita. Tanyakan hal-hal detil seperti apa yang harus disiapkan, bagaimana cara membuat perencanaan bisnis yang baik, dan lain sebagainya.

4. Atur Kapan Kita Harus Melakukan Pinjamam Modal

Sebaiknya, kita melakukan pinjaman modal sebelum kita benar-benar membutuhkannya. Peminjam modal akan melihat bahwa bisnis kita mampu mengembalikan modal yang nantinya dipinjamkan kepada kita. Justru ketika bisnis kita sedang turun dan kita membutuhkan modal, mereka akan ragu untuk meminjamkan modalnya pada kita.

Baca Juga : Menjadikan Pinjaman Sebagai Solusi Permodalan

5. Pastian Kita Mempunyai Jaminan Berupa Aset

Meskipun kita yakin pasti bisa membayar kembali pinjaman, tentunya peminjam modal sudah memikirkan risiko terburuk jikalau suatu saat kita tidak dapat membayar. Untuk memastikannya, mereka akan mengecek aset yang kita miliki. Jika suatu saat bisnis kita gagal, kita masih memiliki jaminan berupa aset bisnis yang dapat dijual untuk menutupi pembayaran pinjaman.

6. Hitung Seberapa Banyak Modal yang Kita Butuhkan

Sebelum kita mengajukan modal pada pihak peminjam, kita harus melengkapi semua dokumen serta berkas yang diperlukan, termasuk hal detil seperti seberapa banyak modal yang ingin kita pinjam. Jika kita sudah membuat perencanaan bisnis yang matang, sudah pasti kita tahu berapa banyak dana yang dibutuhkan untuk mengembangkan bisnis kita. Ini penting agar membuat para peminjam modal semakin yakin dengan potensi yang dimiliki bisnis kita.

Baca Juga : Cerdas Mengalokasikan Pinjaman Modal Usaha

7. Pastikan Penyedia Pinjaman Modal yang Kita Tuju Terpercaya

Mungkin kita tergiur dengan melihat beberapa penawaran menarik seperti pinjaman besar yang syaratnya mudah. Namun kita perlu teliti dalam memilih. Cari tahu lebih rinci persyaratan yang dibutuhkan, bunga yang diberikan, dan hal-hal krusial lainnya. Jangan sampai kita menemukan kesulitan di tengah jalan akibat tidak memeriksa dengan seksama persyaratan yang diberikan.

Sumber : mokapos.com

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0