Mau Tau Cara Sederhana Ngumpulin Uang untuk Modal Usaha?

Mau Tau Cara Sederhana Ngumpulin Uang untuk Modal Usaha?

SHARE:

Tips Aman Mengandalkan Kartu Kredit untuk Modal Usaha
Cara Menekan Modal Usaha Sekecil Mungkin
Ini Alasan Mengapa Seseorang Ingin Berwirausaha

Modal usaha adalah faktor utama seseorang dalam membangun sebuah usaha. Sudut pandang, pengalaman dan referensi yang kurang akan mempengaruhi itu. Namun ketahuilah bahwa sesungguhnya modal itu tidak terlalu sulit untuk dicari selama kamu tahu usaha apa yang ingin dijalankan serta memperbanyak referensi mengenai usaha terutama yang sesuai dengan keahlianmu.

Berikut adalah 3 cara sederhana untuk mengumpulkan modal :

Baca Juga : Kesalahan Menabung yang Bikin Uang Kamu Susah Terkumpul

1. Menyisihkan beberapa persen gaji

Jika kamu seorang pekerja dan ingin memulai bisnis, tak perlu tergesa-gesa karena menjadi seorang pebisnis pun butuh modal tergantung usaha apa yang akan digeluti. Yang perlu kamu lakukan adalah berkomitmen untuk menyisihkan 10-20% dari gajimu sebagai modal usaha. Disamping itu, teruslah untuk mencari refrensi mengenai usaha yang cocok dan sesuai dengan keahlianmu.

2. Menghemat dengan melakukan substitusi

Pertama-tama, kenalilah dan bedakan antara kebutuhan dan keinginan. Setelah itu abaikan keinginanmu dan prioritaskan kebutuhanmu. kalaupun kamu harus memenuhi keinginan, maka lakukanlah substitusi. Yang dimaksud dengan substitusi disini adalah misalnya kamu ingin membeli barang dengan harga Rp. 1.000.000. untuk melakukan penghematan, carilah merek lain dengan model yang lain namun dengan harga yang lebih murah. Intinya, carilah barang yang sesuai dengan kebutuhanmu.

3. Meminjam modal pada orang tua
Mungkin hal ini akan menjadi sebuah langkah yang kurang  disenangi bagi sebagian orang ataupun mereka merasa malu, namun perlu diketahui bahwa orang tua akan mendukungmu untuk hal tersebut. Enaknya lagi, dengan meminjam kepada orang tua tidak perlu memikirkan bunga  ataupun menyerahkan jaminan. Jika usahamu berhasil, kamu pun tak akan segan mengembalikannya bahkan kamu dapat selalu memberi apa yang mereka inginkan dengan keuntungan dari bisnismu tersebut.

Baca Juga : Cara Mengatur Alokasi Modal Usaha

Itulah sedikit dari banyak cara yang dapat kamu lakukan, Pada dasarnya yang terpenting dalam mengumpulkan modal adalah menahan nafsu untuk membeli seseuatu yang hanya  digunakan sebagai pemuas keinginan.

Sumber : https://saling-sharing-info.blogspot.com/2017/02/3-cara-sederhana-untuk-mengumpulkan.html

Sumber foto : https://www.vergleich.org/crowdinvesting/

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0