Menjalankan Bisnis Melalui Dunia Digital

Menjalankan Bisnis Melalui Dunia Digital

SHARE:

Tips Meningkatkan Omset Penjualan dalam Bisnis
Cara Mengatur Alokasi Modal Usaha
Bisnis dengan Modal Kecil Tak Selamanya Sulit Berkembang

Kecanggihan teknologi saat ini, bisnis melalui dunia digital menjadi trend untuk kalangan pebisnis saat ini. Hal ini ditandai dengan banyaknya pengusaha yang menggunakan dan memanfaatkan blog, website, atau media social dalam setiap kebutuhan promosi mereka. Namun tak bisa diingkari bahwa sebagian orang masih ragu ataupun bingung untuk terjun ke dunia digital.

Banyak yang beranggapan bahwa memilih jalur promosi digital adalah hal yang mudah, namun pada kenyataannya untuk mengeksekusinya tidak semudah kita mengelola akun sosial media pribadi kita.

Baca Juga : Rahasia Meningkatkan Pelayanan Berkualitas untuk Bisnis UKM

Untuk membuat orang paham dan menyadari akan keberadaan bisnis. Adapun dibutuhkan beberapa hal yang menggambarkan bisnis anda di dunia maya, salah satunya website. Website ini sendiri dapat menjadi representatif serta menghadirkan kesan profesional bagi kita ataupun bisnis kita. Ditambah dengan database siapa – siapa saja yang akan menjadi network kita.

Dunia digital sendiri tidak hanya digunakan untuk berbisnis atau berjualan semata, namun kita harus lebih tau ataupun lebih mengenal terlebih dahulu market atau pasar mana yang akan dituju. Kita juga harus memperhatikan beberapa hal ini sebelum ‘go online

Baca Juga : Strategi Membangun Bisnis UKM

  1.    Membangun brand awareness produk
  2.    Membangun kepercayaan konsumen
  3.    Berinteraksi
  4.    Bertransaksi

Sebagai pelaku usaha, kita harus berupaya agar pelanggan mau hadir atau mau mendatangi kita. Untuk itu membuat website yang bagus untuk menunjukkan kehadiran kita merupakan langkah pertama yang harus dilakukan. Dengan memiliki website maka kita dapat membagikan pendapat kita sehingga orang menilai kita sebagai profesional.

Langkah selanjutnya adalah berkomunikasi dengan orang lain secara digital. Ini bisa kita lakukan melalu media sosial. Kita harus memiliki komitmen untuk melakukannya secara berkala. Berbagi tips atau informasi, meng-update info produk terbaru, menjawab pertanyaan atau komentar yang harus dilakukan secara konsisten.

Baca Juga : Bisa Raih Kesempatan dari Jualan Online Bagi Pebisnis Muda dan UKM

Poin terakhir yang tidak boleh diabaikan adalah pendapat atau tanggapan orang lain mengenai usaha kita. Ini merupakan dampak atau hasil dari interaksi kita dengan banyak orang melalui media online. Jika kita melayani atau memperlakukan orang lain atau calon pelanggan kita dengan baik, maka orang lain akan membicarakan hal itu. Sebaliknya jika kita memberikan pelayanan yang buruk, maka orang tidak akan segan memberikan komen negatif atau komplain mengenai bisnis kita. Tentunya semua ini terekam di dunia digital dan akan menyebar dengan sangat cepat. Dibutuhkan kerja ekstra keras untuk memperbaiki reputasi bisnis kita yang sudah terlanjur meninggalkan kesan negatif.

Bagaimana, apakah kalian sudah siap untuk mulai terjun dan membawa bisnis sukses di dunia digital?

Blog Modal UKM - Platform Fintech pinjaman modal usaha dengan BPR, BMT, Bank BRI, Bank BNI, Bank Mandiri Blog Modal UKM - Platform Fintech pinjaman modal usaha dengan BPR, BMT, Bank BRI, Bank BNI, Bank Mandiri

Sumber : mokapos.com

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0