Modal Minim Tak Lagi Menjadi Penghambat Bisnis UKM di Indonesia

Modal Minim Tak Lagi Menjadi Penghambat Bisnis UKM di Indonesia

SHARE:

BI Pastikan Intervensi Pergerakan Rupiah
Tips Peluang Usaha Modal Kecil
Seberapa Penting Modal Terhadap Bisnis Kita?

Indonesia Marketing Association (IMA) menilai minimnya modal yang dimiliki pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) bukan lagi menjadi kendala utama dalam mengembangkan bisnisnya.

Apa Kendala Utama dalam Pengembangan Bisnis ?

Muhammad Awaluddin, Presiden Indonesia Marketing Association (IMA) periode 2013-2015, mengungkapkan permasalahan utama yang dihadapi UKM di Indonesia untuk berkembang adalah minimnya faktor pengetahuan berbisnis dan marketing oleh para pengusaha.

“Banyak pelaku UKM dengan bermodalkan ide dan modal minim, namun dengan sentuhan pengetahuan, bisnisnya semakin berkembang. Pemahaman akan pengetahuan bukan berarti lulus jenjang pendidikan formal. Pengetahuan dapat didapatkan dari saluran mana saja termasuk informal,” kata Awaluddin, saat melepas jabatan sebagai Presiden IMA di Jakarta, Minggu (2/8).

Pria yang juga menjabat sebagai Direktur Enterprise dan Business Services Telkom itu mengatakan para pengusaha kecil saat ini sudah mulai melek memanfaatkan teknologi komunikasi dan informasi dalam mengembangkan bisnis. Banyak usaha kecil yang menjadi maju dan besar menurut Awaluddin karena pemiliknya rajin mencari informasi untuk melakukan inovasi di internet.

Para Pengusaha harus Menjalankan Konsep Entrepreneurship 3.0

Founder Indonesia Marketing Association (IMA) Hermawan Kartajaya menilai para pengusaha saat ini seharusnya bisa menjalankan konsep Entrepreneurship 3.0 dalam berbisnis.

Enterpreneurship 3.0 adalah sebuah konsep dimana pengusaha tidak lagi berfokus pada keuntungan dan mengejar ambisi pribadi atau kepentingan organisasi saja. Tetapi juga berkontribusi untuk kemajuan masyarakat sekitar.

“Ide yang disampaikan sahabat saya melalui buku tersebut memberikan inspirasi bagaimana UKM bisa berkembang, tumbuh dan mandiri. Didalamnya ditawarkan solusi terhadap faktor penyebab kegagalan UKM dalam bahasa sederhana dan mudah difahami,” kata Hermawan.

Buku Marketing on Small Medium Enterprise, Jurus Ampuh Menggenggam Dunia yang dibuat Awaluddin merupakan rangkuman tulisannya di rubrik Klinik UKM Goes Digital di www.indoTelko.com.

Editor in Chief IndoTelko.com Doni Ismanto Darwin mengaku sangat bangga bisa menggaet Awaluddin sebagai salah satu kolumnis di portalnya.

“Pak Awaluddin adalah salah satu mentor di industri telekomunikasi karena pengalamannya komplit di sisi teknis dan bisnis. Alhamdulillah, beliau bisa saya yakinkan memanfaatkan kanal Klinik UKM Goes Digital di indoTelko.com sebagai sarana berbagi informasi ke pembaca,” kata Doni.

Ditambahkannya, sebagai portal penyedia informasi teknologi informasi, IndoTelko.com akan terus menggandeng pakar-pakar di dunia digital untuk berbagi ilmu ke pembaca. “Konsep kami 3C yakni Coverage, Content, dan Community untuk berkembang dan bersaing di era digital ini,” ujarnya.

Sumber : https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20150803134320-78-69731/minimnya-modal-bukan-lagi-penghambat-bisnis-ukm-di-indonesia

Sumber foto : https://akcdn.detik.net.id/visual/2015/08/03/fa55ab5d-0890-4a06-aaee-b4ec83139298_169.jpg?w=650

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0