Pemerintah Diminta Rangkul UKM

Pemerintah Diminta Rangkul UKM

SHARE:

Rahasia Meningkatkan Pelayanan Berkualitas untuk Bisnis UKM
Cara Mengatur Alokasi Modal Usaha
4 Alternatif Sumber Dana Bagi Pengusaha

UKM – Kehadiran UKM memiliki potensi sangat besar untuk dikembangkan demi mendorong perekonomian lokal.  Iwan Sunito selaku CEO Crown Group Holdings,  menilai pemerintah harus dapat merangkul keberadaan UKM yang kian menjamur di Indonesia.

Dia mengatakan, faktor terpenting agar suatu perusahaan kecil dapat tumbuh berkembang yaitu training staf atau pelatihan bagi para pegawainya. Iwan turut menceritakan pengalamannya sewaktu mengunjungi kantor pusat Mitsubishi di Jepang.

“Waktu saya ke Jepang diundang Mitsubishi, mereka training orang-orang baru yang 90 persennya fresh graduate. Mereka telah dididik secara skill dari awal, sehingga pada 20 tahun ke depan sudah bisa menjadi pemimpin,” ungkap dia di Jakarta, Selasa (28/8/2018).

Terkait sesi pelatihan ini, ia pun mengajak para pekerja yang berdiri di bawah suatu perseroan untuk mau mengembangkan jiwa entrepreneurship-nya secara otodidak.

“Zaman sekarang belajar lewat Youtube juga kan sudah banyak. Saya juga dulu lulusan arsitek, enggak belajar ekonomi atau sales. Tapi setelah belajar, semua jadi bisa,” urai dia.

Lebih lanjut, Iwan juga menganggap, sebuah UKM kecil punya potensi untuk meraup keuntungan berlipat lebih besar dibanding sebuah perusahaan besar.

“Bagi UKM-UKM kecil, sepertinya lebih mudah untuk mendapat keuntungan 100-200 persen. Tapi itu cenderung sulit untuk sebuah perusahaan besar,” ucap dia.

Oleh karenanya, ia coba mengajak pemerintah dan pihak swasta untuk dapat memanfaatkan keberadaan sektor UKM kecil guna mendorong laju perekonomian negara. “Pemerintah dan perusahaan swasta harus sinergi biar mereka bisa lebih berkembang,” tandasnya.

Iwan Sunito merupakan pendiri dan CEO Crown Group Holdings, yakni salah satu perusahaan pengembang swasta terbesar di Australia. Pada akhir 2015, Iwan didaulat menjadi Property Person of The Year oleh Urban Task Force Australia.

Ketua Pelaksana Seminar yang juga salah satu pengurus Yayasan Gilgal, Suhardjo Cang, mengatakan, kehadiran Iwan sebagai tamu sekaligus motivator dalam acara besok telah berhasil menarik antusiasme masyarakat luas.

“Kali ini luar biasa, kolaborasi dgn pak Iwan sebagai magnet yang kuat membuat tiket banyak terjual. Update terakhir, terjual 1.250 tiket. Makanya kami coba membuka kursi tambahan sekitar 200, dan itu juga sudah terjual,” papar dia di Grand Hyatt Hotel, Jakarta, Selasa (28/8/2018).

Dia menambahkan, hasil penjualan tiket itu kemudian akan pihaknya salurkan dalam bentuk sumbangan yang selaras dengan visi misi Yayasan Gilgal.

Sementara itu, iwan sunito berpendapat, jiwa kewirausahaan seseorang akan muncul saat bekerja dengan orang lain.

“Sebenarnya di organisasi atau event itu banyak banget entrepreneur bisa berkembang walaupun enggak menjalankan bisnis sendiri. Entrepreneur create job,” ujar dia.

Adapun alasan mengapa dia mau diikutsertakan dalam acara ini, Iwan menjawab, ingin berbagi kisah ke orang banyak untuk bisa menggapai kesuksesan dengan cara masing-masing.

“Ini sebetulnya menarik banget. Waktu diundang, saya diemin dulu cukup lama. Tapi setelah itu saya berpikir, I am ready for it. Saya mau berbagi cerita dengan orang banyak untuk bisa mengembangkan usaha dengan caranya sendiri,” tutur dia.

Sumber : Liputan6

Sumber Foto : http://metrobali.com/

 

 

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0