Pemerintah Siapkan Pusat Inovasi untuk Teknologi Finansial

Pemerintah Siapkan Pusat Inovasi untuk Teknologi Finansial

SHARE:

Tahun Ini OJK Targetkan Raih Dana Rp. 250 Triliun di Pasar Modal
AFTECH Gelar Fintech Fair 2018, Dukung Inklusi Keuangan
Sebelum Meminjam Modal Bisnis dari Fintech Perhatikan 4 Hal Ini

Pemerintah menyiapkan pusat inovasi untuk teknologi finansial (fintech) untuk mendukung perkembangan ekosistem industri di indonesia.

Wakil Ketua Dewan Komisioner OJK, Nurhaida mengatakan “diharapkan fintech center ini bisa menjadi pusat untuk inovasi-inovasi fintech.”

“Fintech center sedang dibangu OJK, mudah mudahan soft launching dalam waktu yang dekat. Dengan fintech center kamiharap bisa menjadi innovation hub bagi fintech industri di Imdonesia,” ujar Nurhaida di Forum Inklusi Fintech Indonesia yang digelar di The Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Selasa (31/7).

Nurhaida mengatakan fintech center akan menyediakan ruang diskusi terkait perkembangan fintech. Ruang diskusi ini disediakan untuk seluruh pihak yang terlibat dalam ekosistem fintech termasuk masyarakat.

“Dalam artian di situ akan ada diskusi, kerja sama, sinergi satu institusi ke institusi lain. Dengan pemain, asosiasi, masyarakat dan lain lain yang berada dalam ekosistem,” kata Nurhaida. 

Nurhaida mengatakan OJK berharap keberadaan fintech center ini bisa memberikan suara seluruh pihak dalam ekosistem fintech dan inovasi-inovasi teknologi finansial bisa terlahir.

“Diharapkan dengan adanya fintech center ini bisa memberikan tempat bagi kita semua dan masyarakat, terutama pihak pihak dalam ekosistem fintech untuk berdiskusi, berkomunikasi, untuk mencari apa yang perlu dikembangkan,” kata Nurhaida.

Nurhaida mlanjutkan lewat fintech bisa meningkatka inklusi keuangan di Indonesia. Lewat Fintech, masyarakat bisa memiliki akses yang lebih banyak untuk bersentuhan dengan layanan keuangan.

Dia menyebut masyarakat semakin mudah untuk mengakses sistem keuangan karena fintech menggunakan teknologi informatika dan komunikasi. Jadi, dengan menggunakan ponsel yang tersambung dengan internet, masyarakat bisa melakukan transaksi keuangan.

Fintech bisa mencapai pelosok-pelosok Indonesia misal melalui internet, mobile phone atau mobile banking.

“Fintech bisa mencapai plosok-plosok Indonesia misal melalui internet, mobile phone atau mobile banking. Dengan infrastruktur tersebut, kami berharap fintech dapat menaikkan inklusi finansial di Indonesia,” kata Nurhida

Nurhida menyakinkan kesejahteraan masyarakat akan meningkat karena semakin banyak masyarakat yang bisa mengakses sistem keuangan di Indonesia .

“Dan itu akan berujung pada peningkatan kesejahteraan masyarakat, karena makin banyak masyarakat akan punya akses ke financial system yang ada di Indonesia,” ujar Nurhaida. 

Sumber : https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20180731132642-185-318318/pemerintah-siapkan-pusat-inovasi-untuk-teknologi-finansial

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0