Rahasia Meningkatkan Pelayanan Berkualitas untuk Bisnis UKM

Rahasia Meningkatkan Pelayanan Berkualitas untuk Bisnis UKM

SHARE:

Modal Minim Tak Lagi Menjadi Penghambat Bisnis UKM di Indonesia
Sukses UKM dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Global
Bagaimana Cara Mengembangkan Bakat Bisnis?

Memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan termasuk faktor yang berdampak besar terhadap bisnis kita.

Jadi bagaimana kita dapat memastikan bahwa pelayanan yang diberikan kepada pelanggan dapat mengembangkan bisnis kita menjadi lebih maju.

Berikut 4 rahasia sukses dalam memberikan pelayanan prima untuk pelanggan kita:

Bersikap ramah dan empati

Bersikap ramah dapat memberikan dampak yang besar untuk pelanggan. Menyapa pelanggan dengan nama mereka dan tersenyum dapat memberikan kenyamanan lebih untuk pelanggan. Tidak hanya itu, pelanggan yang datang tidak hanya sekedar mencari solusi dalam memenuhi kebutuhan saja, mereka juga mencari tempat yang dapat mengerti akan berempati dengan keadaan pelanggan.

Baca Juga : Strategi Membangun Bisnis UKM

Program loyalitas

Program loyalitas sendiri penting dihadirkan di bisnis kita untuk mengubah pelanggan biasa menjadi pelanggan setia dan membuat mereka terus kembali datang ke tempat kita.

Menghadirkan program loyalitas sendiri merupakan salah satu strategi marketing dalam mempromosikan bisnisnya melalui reward yang diberikan ketika pelanggan sudah mengumpulkan poin tertentu.

Baca Juga: Tips Sukses Berbisnis Ala Bos Amazon

Jadi loyalitas sangat dibutuhkan dalam sebuah bisnis apapun.

Respon cepat dan tanggap

Salah satu hal yang penting saat pelanggan melakukan komplain adalah, respon yang cepat, tepat, tanggap dan dapat menyelesaikan permasalahan yang mereka hadapi.

Hal kecil dengan merespon cepat keluhan pelanggan dapat berdampak besar pada kelangsungan bisnis kita. Oleh karena itu, terapkan mindset proaktif untuk meningkatkan kualitas pelayanan terbaik kepada pelanggan.

Baca Juga : Sukses UKM dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Global

Feedback pelanggan dapat meningkatkan pelayanan

Meski manajemen dan karyawan kita telah melakukan yang terbaik untuk memuaskan pelanggan, terkadang ada saja masalah yang muncul karena pelanggan merasa tidak senang dengan apa yang telah diberikan. Untuk menyelesaikan masalah tersebut, kita perlu mencari tahu lebih dalam lagi mengapa mereka tidak puas akan pelayanan kita dan di sinilah peran feedback sangat berpengaruh untuk kelangsungan bisnis.

Itu beberapa tips yang bisa diterapkan demi meningkatkan pelayanan berkualitas untuk pelanggan kita.

Sumber : blog.mokapos.com

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0