Strategi Membangun Bisnis UKM

Strategi Membangun Bisnis UKM

SHARE:

Tips untuk Mengembangkan Bisnis UMKM di Indonesia
Raih Untung Besar dari Bisnis UKM, Coba 3 Cara Ini
Cara Pemasaran Produk Baru Agar Laris di Pasaran

Strategi yang diterapkan untuk bisnis UKM dan bisnis skala besar tentunya berbeda. Hal ini dapat dilihat dari faktor biaya operasional dan sekala produk yang dijalankan.

Lewat dorongan pemerintah, bisnis UKM memang terus mengalami pertumbuhan. Apalagi didukung oleh persentase pertumbuhan ekonomi Indonesia yang tinggi, membuat bisnis UKM memiliki potensi menjanjikan untuk terus dikembangkan.

Untuk mencapai target pemasaran yang diinginkan, berikut ini ada beberapa gambaran strategi yang bisa kita terapkan.

Baca Juga : Strategi Oprasional Perencanaan Bisnis dan Usaha

Beri Nilai Tambahan Pada Produk

Untuk bersaing dengan kompetitior lain, kita harus memberikan suatu kelebihan pada produk kita. Langkah ini biasanya disebut sebagai inovasi. Kita harus bisa memperhatikan perubahan yang terjadi dimasyarakat terkait produk kita. Carilah sesuatu yang sedang menjadi trend dikalangan masyarakat saat ini.

Tingkatkan Merek/Brand Awareness

Untuk kemajuan bisnis kita dalam jangka panjang, brand memegang peran yang sangat penting.

Selain langkah meningkatkan brand awarenes, perlu juga untuk menjaga nama baik brand dengan cara jaga kualitas produk kita dari waktu ke waktu dengan teliti dan berikan layanan Customer Service sesuai dengan bidang bisnis jika diperlukan.

Dari banyak contoh brand populer yang ada, kita bisa mengambil kesimpulan bahwa, brand merupakan aset yang sangat berharga.

Pembukuan yang detail

Pembukuan sangat penting yang bertujuan untuk mencatat semua detail perkembangan bisnis kita. Tidak mempermasalahkan bisnis dalam Skala besar atau UKM.

Baca Juga : Bisnis Sukses, Ala Orang Jepang dan Amerika

Semua pembukuan dalam bisnis bertujuan agar kita bisa menganalisa dan membuat rencana dimasa yang akan datang.

Memang terlihat rumit, akan tetapi jika sudah terbiasa, semua itu bisa dilakukan dengan mudah. Kita hanya perlu membiasakan diri demi kebaikan bisnis yang sedang kita jalankan.

Perhatikan Konsep kita

Semua kegiatan promosi atau penjualan tentu berkaitan erat dengan perilaku konsumen, maka pahami apa yang menjadi kebutuhan konsumen.

Berikan pelayanan dan service terbaik agar kita mampu memenangkan hati konsumen.

Gunakan Teknologi jika Diperlukan

Seperti yang kita ketahui bahwa teknologi sangat membantu kegiatan manusia. Untuk itu, perlu dilakukan analisa apakah usaha yang sedang kita jalankan membutuhkan bantuan beberapa peralatan teknologi.

Tujuannya agar operasional bisnis bisa berjalan dengan efektif. Misalkan, apakah perlu peralatan mesin produksi atau memerlukan media internet untuk pemasaran.

Sumber : www.kolomsatu.com

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0