Tips dari Mentri Keuangan Jadi Generasi Millenial yang Sukses

Tips dari Mentri Keuangan Jadi Generasi Millenial yang Sukses

SHARE:

Cara Mengembangkan Bisnis Bagi Mahasiswa
Bagaimana Cara Memulai Bisnis Tanpa Modal?
Cara Pintar Atur Uang dari Umur 20 Tahun Hingga Pensiun

Tak diragukan lagi bagi generasi millenial jika ditanya tentang teknologi terkini. Namun, selain itu generasi millenial juga memiliki kekurangan dalam hal mengatur keuangan mereka.

Tak lagi milenial sering akrab dengan masalah finansial. Mulai dari terlilit utang kartu kredit untuk kemewahan, tidak punya tabungan maupun investasi lain. 

Baca Juga : Dengan Cara Ini Generasi Millenial Bisa Atur Keuangannya

Akan tetapi, tidak semua anak milenial seperti itu. Banyak pula dari mereka yang mulai atau sudah merencanakan keuangan demi masa depan yang lebih baik. Itu penting, apalagi buat anak muda yang sudah bekerja dan memperoleh gaji setiap bulan. 

Tips Mengatur Keuangan Millenial dari Mentri Keuangan, Sri Mulyani

Nah bagi para generasi muda yang susah atur keuangan dan mau sukses, ini tipsnya dari Menkeu Sri Mulyani:

  1. Tentukan Mana Kebutuhan yang Penting atau Tidak

Buat kamu milenial, harus mampu menentukan mana prioritas, mana yang tidak atau hanya keinginan saja. Pertama kali yang harus dilakukan adalah membedakan hal tersebut. Kalau sudah tahu, akan mudah mengatur keuangan antara pemasukan dan pengeluaran.

Baca Juga : Kesalahan Mengatur Keuangan yang Sering Dilakukan Milenial

  1. Be Your Self, Jangan Tergoda Hidup Hedon

Be your self, jangan sampai prioritas kamu didikte orang lain. Begitu pesan Sri Mulyani. Jika prioritas kamu misalnya ingin membaca buku di perpustakaan, jangan tergoda kalau diajak teman nonton film, nongkrong, atau minum kopi di kafe

  1. Jangan Banyak Gaya

Apalagi sampai ikut-ikutan cuma mau dibilang keren. Contohnya lihat teman pakai sepatu baru, jadi ikut beli.

  1. Sisihkan Uang untuk Investasi

Mumpung masih muda, jangan habiskan uangmu hanya untuk foya-foya. Investasi sangat penting, apalagi ke depan kamu akan menikah dan memiliki anak. Jika masih bingung membagi uang untuk kebutuhan sehari-hari, pakai rumus umum 50/30/20.

Baca Juga : Tergolong Keluarga Millenial ? Begini Seharusnya Pola Pengaturan Keuangannya

Sebesar 50 persen pendapatan yang diperoleh dialokasikan untuk membayar sewa rumah, biaya transportasi. Sebesar 30 persen untuk kebutuhan makan minum, termasuk hang out. Sedangkan sisanya 20 persen untuk tabungan, investasi maupun cicilan kredit.

Masa Depan Kamu yang Menentukan

Mengatur keuangan sangat penting bagi milenial. Bukan untuk siapa-siapa, tapi untuk diri kamu sendiri karena masa depan kamu, kamu sendiri yang menentukan, bukan orang lain. Buang jauh-jauh hidup boros.

Dengan melakukan hal tersebut, kondisi finansial kamu akan jauh lebih baik. Segala perencanaan keuangan yang telah disusun, akan terwujud, pelan tapi pasti. Buktikan kamu adalah generasi milenial yang melek keuangan dan peduli masa depan.

Sumber : cermati.com

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0