Tips Perencanaan Keuangan untuk Sukses dalam Bisnis

Tips Perencanaan Keuangan untuk Sukses dalam Bisnis

SHARE:

Cara yang Paling Efektif Mengelola Keuangan Bisnis
Bagaimana Cara Memaksimalkan Modal Usaha?
Dengan Cara Ini Generasi Millenial Bisa Atur Keuangannya

Terlalu banyak pengusaha yang terlalu fokus terhadap ide mereka, dan tidak untuk keuangan mereka.

Jika Anda selalu peduli untuk meneliti mengapa para pemula bisnis gagal, Anda akan melihat bahwa masalahnya meliputi kurangnya inovasi, salah urus sumber keuangan, kegagalan mempekerjakan orang yang tepat, ketidakmampuan mengakses modal. Ketidakmampuan untuk beradaptasi dengan perubahan lingkungan bisnis dan kebijakan imigrasi.

Menurut US Small Business Administration (SBA), usaha kecil mewakili 99,7% dari semua perusahaan pemberi kerja dan telah menghasilkan 64% pekerjaan baru sejak 1995. Pernahkah Anda bertanya-tanya seperti apa ekonomi Amerika jika sebagian besar bisnis yang gagal ini berhasil?

Mari kita mulai dengan perbaikan. Sebagian besar usaha kecil lahir berdasarkan gagasan besar dan bukan masalah finansial, tapi seharusnya tidak demikian. Sebagai gantinya, usaha kecil harus menerapkan ketiga rencana keuangan strategis ini sesegera mungkin.

Baca Juga : Punya Usaha Kecil Menengah ? Mau Untung Besar? Coba Cara Ini

Tips Perencanaan Keuangan untuk Sukses dalam Bisnis

1. Kenali Analisis Arus Kas Bisnis Anda
Meskipun tidak semua pemilik usaha kecil memiliki latar belakang keuangan, sebagian besar secara alami ingin tahu tentang arus masuk dan arus kas dasar untuk bisnis mereka. Banyak arus kas keluar tambahan – seperti pengeluaran berulang dan tetap, pembayaran pinjaman dan pembelian pribadi dan bisnis sering diabaikan.

Sangat penting untuk menyeimbangkan kedua angka ini dan menjaga keseimbangan uang tunai setiap saat. Sistem arus kas yang efektif akan membantu Anda mengelola dana untuk menutupi biaya operasional, tagihan dan membantu Anda meramalkan masalah potensial di masa depan.

2. Minta Bantuan Pada Konsultan
Tidak mungkin bisnis kecil menjadi ahli dalam segala hal, karena itulah mencoba mempekerjakan karyawan tetap untuk menutupi setiap fungsi adalah sebuah kesalahan. Sebaliknya, usaha kecil harus menjalankan fungsi kritis dengan baik atau tidak bisa berhasil.

Gunakan konsultan untuk keahlian khusus yang dibutuhkan dalam jangka pendek, sebagai lawan mempekerjakan seseorang. Pastikan Anda tidak memerlukan konsultan untuk jangka waktu yang lama, karena bisa jadi akan menjadi lebih mahal dari waktu ke waktu.

3. Disiplin Keuangan
Umumnya, memperketat disiplin keuangan tidak hanya pada ketentuan bisnis saja, tapi juga sebagai kebiasaan yang harus ditanamkan oleh pemilik bisnis kecil dengan gairah sebanyak yang mereka lakukan dengan gagasan besar itu. Anda memerlukan anggaran tahunan yang benar-benar memperhitungkan lonjakan musiman dan penurunan, ditambah mengantisipasi pengeluaran barang modal secara berkala.

Blog Modal UKM - Platform Fintech pinjaman modal usaha dengan BPR, BMT, Bank BRI, Bank BNI, Bank Mandiri Blog Modal UKM - Platform Fintech pinjaman modal usaha dengan BPR, BMT, Bank BRI, Bank BNI, Bank Mandiri

Sumber : https://finance.detik.com/perencanaan-keuangan/d-3572236/3-tips-rencana-keuangan-untuk-sukses-dalam-bisnis

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0